Welcome To My Blog, Enjoy!
Powered by Blogger.
Friday, 3 May 2013


Setelah adanya penggabungan / pemisahan dan juga konversi nama, banyak negara yang ada diantaranya biasa dikenal umum, telah hilang atau lenyap dari peta dunia. Daftar yang ada dalam postingan ini bukanlah yang lengkap dan definitif tapi masih tepat sebagai referensi tentang negara yang telah tiada. Berikut daftar nama negara-negara yang telah lenyap dari muka Bumi:

Abyssinia
Nama lama dari Ethiopia sampai awal abad ke 2.
Austria - Hongaria
Sebuah kerajaan monarki (juga dikenal sebagai Kekaisaran Austro-Hungaria), yang didirikan pada tahun 1867 yang mencakup area (pada hari ini) Austria, Hongaria, Polandia, sebagian Ceko, Italia, Rumania dan beberapa negara Balkan. Kekaisaran ini telah runtuh pada akhir Perang Dunia Pertama.
Basutoland
Berubah menjadi Lesotho pada tahun 1966.
Bengal
Sebuah kerajaan yang merdeka dari tahun 1338 sampai 1539. Sekarang ini merupakan bagian dari negara Bangladesh dan India.
Burma
Nama nya telah diubah secara resmi ke Myanmar pada tahun 1989 namun banyak negara / individu yang tidak menyadari perubahan ini dan masih mengenalinya sebagai Burma.
Catalonia
Sebelumnya adalah sebuah negara otonom di Spanyol. Pernah mendapatkan kemerdekaan dari 1932 - 1939 sebelum kembali menjadi daerah di negara tersebut.
Ceylon
Mengganti nama menjadi Sri Lanka pada tahun 1972.
Champa
Terletak di bagian tengah dan selatan Vietnam hari ini. Merupakan sebuah kerajaan dari abad ke 7 dan runtuh pada tahun 1832.
Corsica
Pulau Mediterania ini pernah diperintah oleh beberapa kekuatan besar dan juga pernah beberapa kali mendapatkan kemerdekaannya. Pada hari ini, ia termasuk dalam negara Perancis.
Cekoslowakia
Membagi secara aman pada tahun 1993 menjadi negara Slowakia dan Czech Republic.
Jerman Timur & Jerman Barat
Bergabung pada tahun 1989 dan membentuk Uni Jerman.
Pakistan Timur
Memisahkan diri dari Pakistan pada tahun 1972 dan membentuk Bangladesh.
Gran Kolombia
Sebuah negara di Amerika Selatan dari 1819 sampai 1930 yang pada hari ini membentuk Kolombia, Panama, Venezuela dan Equador. Negara Gran Kolombia terpecah ketika Venezuela dan Equador memutuskan untuk keluar dari konsolidasi.
Hawaii
Meskipun memiliki pemerintah selama beratus ratus tahun, Hawaii tidak pernah diakui sebagai sebuah negara merdeka sampai 1840. Setelah merasakan kemerdekaan selama 58 tahun, akhirnya Hawaii bergabung United States Of America pada 1898.
New Granada
Merupakan bagian dari Gran Kolombia dari 1819-1830, negara ini mendapatkan kemerdekaan pada tahun1830 hingga 1858. Kemudian negara ini dikenal sebagai nama Grenadine Confederation (1858), United States Of New Granada (1861), United States Of Kolombia (1863) dan akhirnya Republic Of Kolombia (1886-sampai sekarang)
Yaman Utara & Yaman Selatan
Yaman terpecah pada tahun 1967 dan membentuk 2 negara yaitu Yaman Utara (dikenal Sebagai Republik Arab Yaman) dan Yaman Selatan (dikenal sebagai Republik Demokratik Rakyat Yaman) sebelum kembali bersatu pada tahun 1990 dan kembali menjadi Yaman.
Kekaisaran Ottoman
Juga dikenal sebagai Kekaisaran Turki, dimulai dari tahun 1300 mencakup wilayah selatan Rusia, Turki, Hongaria, Sebagian Negara Balkan, Afrika Utara dan juga Timur Tengah. Kekaisaran ini runtuh pada 1932.
Persia
Kekaisaran Persia mengunjur dari Laut Mediterania hingga ke benua India. Persia Modern didirikan pada abad ke 16 dan semakin mengecil sehingga dikenal sebagai Iran pada hari ini.
Prussia
Menjadi koloni Belanda pada tahun 1660, dan berubah menjadi kerajaan pada abad berikutnya. Pada masa kejayaan, ia mencakup 2/3 negara Jerman dan wilayah barat Polandia. Menjadi wilayah Jerman pada Perang Dunia Ke 2 dan langsung dicabut setelah itu.
Rhodesia
Berubah nama pada tahun 1980 menjadi Zimbabwe.
Siam
Menjadi Thailand pada tahun 1939.
Sikkim
Sekarang ini merupakan daerah utara India. Sikkim merupakan sebuah kerajaan merdeka sejak dari abad ke 17 sampai 1975.
Vietnam Selatan
Ada sekitar 1954 - 1976 sebagai wilayah anti komunis. Bergabung Vietnam setelah itu.
Southwest Afrika
Memperoleh kemerdekan pada tahun 1990 dan mengganti nama menjadi Namibia.
Taiwan
Meskipun Taiwan masih ada sampai hari ini, ia masih dalam tuntutan negara China dan banyak negara masih belum mengakui Taiwan sebagai negara merdeka. Taiwan adalah ibukota yang pernah mewakili Cina ke Perserikatan Bangsa Bangsa sampai 1971.
Tanganyika dan Zanziba
2 negara ini bergabung pada tahun 1964 dan membentuk Tanzania.
Texas
Republic Of Texas mendapat kemerdekaannya dari Meksiko pada 1836 dan tetap sebagai sebuah negara selama 9 tahun sebelum bergabung United States pada tahun 1845.
Tibet
Tibet adalah sebuah kerajaan sejak dari abad ke 7 sebelum dijajah oleh China pada tahun 1950. Kini ia merupakan sebuah wilayah otonomi China yang dikenal sebagai Xi Zang.
Transyordania
Menjadi Kerajaan Yordania pada tahun 1946.
USSR
Uni Soviet telah terpecah menjadi 15 negara pada 1991 yaitu Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Estonia, Georgia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Latvia, Lithuania, Moldovia, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraina dan Uzbekistan.
Urjanchai Republic
Terletak di Selatan Tengah Rusia, menjadi negara hanya selama 2 tahun yaitu dari 1912-1914, sebelum kembali menjadi daerah dalam Rusia.
Vermont
Pada 1777, Vermont menyatakan kemerdekaan dan tetap sebagai sebuah negara hingga 1791. Menjadi negara pertama yang bergabung United States setelah penyatuan 13 koloni awal.
West Florida
Menjadi Republik dengan beranggotakan Sebagian Florida, Mississippi dan Lousiana pada 1810, namun kemerdekaan mereka hanya bertahan selama 90 hari.
Western Samoa
Menjadi Samoa pada 1998.
Yugoslavia
Terpecah akibat dari perang etnis pada 1990 dan membentuk negara negara Bosnia, Kroasia, Macedonia, Serbia & Montenegro dan Slovenia.
Zaire
Mengganti nama menjadi Democratic Republic Of Kongo pada tahun 1997.

Related Post:

0 komentar:

Search

Loading...

Contact

Visitors