Welcome To My Blog, Enjoy!
Powered by Blogger.
Sunday 24 February 2013
Awalnya agan berpikir bahwa kode ban motor tidak lebih dari huruf dan angka yang aneh dan tidak berguna. Tapi jika dilihat lebih jauh, agan akan menemukan sebuah pola pada kode - kode ini.




Faktanya kode ban motor didesain untuk memberitahu tentang hal penting yang agan harus tahu sebelum membelinya. Dalam membaca kode ban masih banyak orang yang belum mengetahui arti angka dan huruf yang tertera pada ban. Untuk cara membaca kode ban terbaik saya akan jelaskan dalam postingan pertama ini.

Cara Membaca Kode Ban Motor 

Pada ban sepeda motor terdapat sebuah kode yang berupa simbol angka atau huruf misalnya 130/90-16 67H. Dari kode ban tersebut informasi apa yang kita dapatkan?

Untuk contoh pertama, jika ban motor anda terdapat kode metric 120/70-17 67H artinya angka 120 menyatakan lebar ban dalam satuan milimeter, diukur dengan garis lurus dari satu sisi ban ke sisi ban yang lain. Angka 70 menyatakan aspect-ratio antar lebar dan tinggi. Pada kasus ini ban memiliki ketinggian 70 persen dari lebarnya, atau 117 mm. Angka terakhir adalah 17, yaitu diameter dari velg yang dinyatakan dalam satuan inchi. Sementara 67 menunjukkan kode untuk beban maksimum yang diperbolehkan dari( load index/ LI ). LI 67 berarti beban maksimum yang dapat ditanggung oleh sebuah ban sebesar 307 kg dan H menunjukkan batas kecepatan pemakaian. 

Selain kode di atas, Agan juga mungkin akan menemukan huruf yang muncul, seperti 160/70VR 16, 170/60R 16 V, atau dengan kombinasi yang lain. Dua huruf tambahan tersebut mewakili kelas kecepatan dan kontruksi ban. Setiap huruf pada kelas kecepatan  menyatakan kecepatan maksimum yang dapat ditanggung oleh sebuah ban pada kapasitas beban yang direkomendasikan, angka ini dihitung dalam satuan kilo meter per jam 

Berikut jenis kode huruf pada kelas kecepatan:
Q  adalah kode untuk kecepatan maksimal = 160 km/jam
S  adalah kode untuk kecepatan maksimal = 180 km/jam
T  adalah kode untuk kecepatan maksimal = 190 km/jam
U adalah kode untuk kecepatan maksimal = 200 km/jam
H adalah kode untuk kecepatan maksimal = 210 km/jam
V adalah kode untuk kecepatan maksimal = 240 km/jam
W adalah kode untuk kecepatan maksimal = 270 km/jam
Y adalah kode untuk kecepatan maksimal = 300 km/jam
Z  adalah kode untuk kecepatan maksimal = 240 km/jam

Related Post:

0 komentar:

Contact

Visitors