Welcome To My Blog, Enjoy!
Powered by Blogger.
Thursday 25 April 2013

Jika kamu tahu sosok Mr.Bean ,pastilah kamu mengetahui kendaraan yang dipakai olehnya. Ya, dalam serial komedi asal Inggris tersebut, sosok Mr.Bean mempunyai sebuah mobil sedan kecil. Mobil tersebut bernama Mini Cooper.

Mobil mungil ini pertama kali dibuat ketika krisis suez yang terjadi pada akhir tahun 1950-an dan memaksa pemberlakuan penjatahan BBM bagi negara-negara Eropa, termasuk Inggris Raya. Untuk mengatasi hal ini, grup British Motor Corporation (BMC) yang merupakan hasil merger perusahaan otomotif Austin dan Morris merencanakan pembuatan mobil kecil, ringkas, hemat bahan bakar dan juga lapang.

Maka pimpinan BMC, Leonard Lord, menugaskan seseorang untuk merancang mobil tersebut. Alec Issigonis, yang sudah lebih dahulu sukses dengan rancangan Morris Minornya merupakan orang yang dipercaya untuk menjalankan tugas itu. Penugasannya dimulai pada bulan Maret  1957, dan dua tahun kemudian, mobil yang diinginkan tersebut sudah siap untuk diproduksi. Akhirnya, pada bulan Agustus 1959, mobil kecil tersebut diluncurkan ke pasar otomotif.

Setelah berproduksi selama 42 tahun, mini akhirnya menghentikan pembuatannya pada tahun 2001, digantikan dengan new Mini hasil desain tim BMW (yang menguasai saham Rover). Jumlah total produksi Mini adalah 5,5 juta mobil, menjadikannya mobil Inggris terlaris sepanjang sejarah. Pada tahun 2001, majalah Autocar menganugrahinya predikat mobil paling berpengaruh abad 20, mengalahkan Ford model T dan VW Beetle.

Seiring berjalannya waktu, Mini pun mengalami perbaikan-perbaikan desain. Mulai dari jendela geser digantikan dengan jendela wind-up , lalu mesin 850cc digantikan dengan 1000cc, yang kemudian diganti lagi dengan mesin 1275cc. Adapun karburator digantikan dengan injection hingga standarisasi disc brake juga dilakukan perbaikan. Hebatnya untuk bentuk dasar Mini nyaris tidak berubah. Jika dibandingkan antara Mini keluaran tahun 1959 dengan keluaran tahun 2000, hampir tidak ada perubahan yang mencolok.

Selain model sedan, terdapat pula varian-varian dari mobil dengan panjang 3 meter tersebut, antara lain: Mini Van, Mini Pick-up, Mini Moke (Yang bentuknya mirip Jeep) dan Mini Clubman (dengan bentuk hidung yang kotak). Tapi yang paling terkenal mungkin adalah Mini Cooper ( mobil langganan pemenang rally Monte Carlo dan model tunggangannya Mr.Bean di layar kaca).

Mini Van:
Post spoiler

Mini Pick-up:
Post spoiler

Mini Moke:
Post spoiler

Mini Cooper Rally:
Post spoiler

Mini Cooper Mr.Bean:
Post spoiler

Related Post:

0 komentar: