Welcome To My Blog, Enjoy!
Powered by Blogger.
Sunday 21 April 2013



Sering merasa lapar walaupun baru saja makan? Kejadian seperti ini mungkin disebabkan karena gangguan kesehatan seperti diabetes. Tetapi mungkin juga disebabkan karena perilaku yang salah ketika makan. Rasa lapar tersebut dapat meningkatkan keinginan untuk meraih makanan, membuat makan menjadi berlebihan dan menyebabkan obesitas. 
Berikut 6 hal penyebab rasa lapar meskipun baru saja makan:

1. Minum soda atau minuman beralkohol sebelum makan
Minum minuman yang bersoda atau beralkohol sebelum makan dapat memproduksi asam pada perut, sehingga ketika makanan mulai masuk ke dalam perut, organ pencernaan telah siap mencerna makanan. Hal ini dapat mempercepat proses pencernaan dan membuat cepat merasa lapar.

2. Makan makanan yang kurang berprotein
Protein dapat mempengaruhi perasaan kenyang pada perut dan otak. Sehingga seseorang perlu makan makanan yang mengandung protein agar tidak mudah lapar. Menurut penelitian terbaru, orang yang mengkonsumsi makanan yang tingkat proteinnya 15 persen lebih rendah dari total kalori makanan yang dikonsumsinya, akan merasa mudah sekali lapar.
Makanlah makanan yang kaya akan protein ketika sarapan, seperti telur rebus, sereal gandum, dan yoghurt agar tidak mudah merasa lapar sepanjang hari. Hal ini dapat mencegah makan cemilan yang berlebihan karena terlalu lapar sebelum waktu makan siang tiba.

3. Makan makanan yang mengandung bumbu dan rempah-rempah tertentu
Rempah-rempah memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh, diantaranya menambah nafsu makan. Tetapi beberapa rempah tertentu dapat membuat anda merasa lapar meski baru saja makan, diantaranya mustard, kunyit, jahe dan daun peterseli.

4. Makan makanan yang mengandung sirup jagung kaya fruktosa
Sirup jagung tinggi fruktosa merupakan pemanis buatan yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan merupakan penyebab utama obesitas dan diabetes. Berbeda dengan gula, pemanis ini dapat menyebabkan seorang kecanduan terhadap makanan manis. Sehingga anda tetap merasa kurang puas meski baru saja makan.

5. Makan makanan yang asin
Peneliti telah menemukan bahwa mungkin merasa kenyang setelah makan makanan asin , tetapi kadar garam yang tinggi justru dapat mempengaruhi sensor lapar yang berhubungan dengan kepuasan dan keinginan untuk makan lagi.

6. Makan makanan diet
Makanan diet biasanya rendah lemak, mengandung lebih banyak gula, karbohidrat natrium untuk menciptakan rasa yang enak. Tetapi sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition menunjukkan bahwa pemanis dalam makanan atau minuman diet justru merangsang nafsu makan.

Sebelum memilih makanan diet, pastikan untuk membaca label kandungan nutrisinya. Pilih makanan diet yang mengandung nutrisi tertentu seperti kalsium, omega 3, dan rendah lemak jenuh, serta hindari makanan diet yang mengandung kadar tinggi pemanas dan natrium.

Sumber: Berita Kota

Related Post:

1 comment:

  1. kalo saya beda lagi,justru perut lapar tapi gak nafsu mau makan,itu kenapa yaah?

    ReplyDelete