Welcome To My Blog, Enjoy!
Powered by Blogger.
Thursday 13 March 2014

Bayangkan jika kamu adalah sebuah serangga kecil dan kamu masuk ke dalam gua yang gelap tetapi tidak gelap gulita dan  di atas kamu, kamu melihat cahaya samar sepert langit berbintang lalu kamu naik ke atas menuju sumber suara seperti malaikat yang berasal dari cahaya tersebut.

Tiba-tiba , kamu terperangkap pada sebuah penghalang yang tak terlihat . Sebuah perangkap yang menakutkan . kamu mulai naik ke atas lebih tinggi dan semakin tinggi . Di atas kamu ada sinar bintang. Yap , kamu sudah terlambat ,bahwa bintang yang kamu lihat sebenarnya adalah daya tarik yang melekat pada bagian belakang larva sangat lapar . Sebuah larva , pada kenyataannya , yang mengangkat perangkap lengket untuk memakan kamu .

Itulah kisah dari gua Glowworm  yang terletak di Selandia Baru , dan itu sebuah kisah keindahan yang jahat . Di dalam gua ini kita berasa seperti menjadi salah satu planet yang paling luar biasa di alam semesta dimana disekilling kita adalah cahaya yang berkelap kelip seperti bintang dan planet  seperti pada galaksi Bima Sakti . Begitu indah dan mempesona.

Yang ada di dalam Gua glowworm itu bukan cacing tetapi adalah larva nyamuk jamur (Fungus Gnat Larvae) serangga predator dan cannabalistic . Segelintir spesies hanya ditemukan di Selandia Baru dan di Australia timur. Ketika baru menetas panjang larva hanya beberapa milimeter, tetapi segera berputar  membentuk serangkaian tali pancing lengket itu yang menggantung di langit-langit gua dan juga seperti manik-manik yang berkilauan.
Setelah membentuk puluhan putaran 30-40 cm , lalu menciptakan kilauan yang merupakan lampu mematikan. Kebiasaan dari makhluk dengan nama latin : Luminosa arachnocampa , cacing jerat bercahaya adalah memancarkan cahaya dan menunggu mangsa yang terjerat.

Keindahan yang mematikan:
menelusuri gua Glowworm

Gua Glowworm, Waitomo, Selandia Baru

subhanallah kumpulan fungus gnat larvae seperti alam semesta

serangga malang yang terjerat

source : scientificamerican.com





Related Post:

2 comments:

  1. Subhanallah ... Indahnya gan .. :o
    Keep Blogging gan ,,, :)


    Oia mampir gan LED Display Indonesia Provider

    Kalo Mau bantu Follow Blog / Komen di Blog ane bisa di Free Download Design Graphic

    Siapa Tau ada Pengunjung blog agan yang Mau Bikin CUSTOM WEB Dengan CMS BUATAN SENDIRI bisa ke Jasa Pembuatan Custom Web

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya kunjungannya... maaf baru sempat balas, Salam Blogger!!

      Delete